Kesehatan : FAKTA TENTANG MEROKOK (Terkena Kanker Paru setelah merokok sepanjang 19,71 Kilometer)

Standar

Ancen rokok uripeIni berawal dari sebuah analisa sederhana yanng nyata.
Diawali dari suah perbincangan iseng seorang perawat terhadap pasien kelolaannya. Pada saat itu perawt sedang mengantarkan pasien ke ruang “tindakan”. Kebetulan masih menunggu. Untuk mengurangi kejenuhan pasien. Maka perawat mengajak pasien untuk ngobrol-ngobrol ringan. Disela-sela obrolanya yang bersifat candaan.

Perawat: “ Pak…………., lama ya pak, sabar ya pak” ujar perawat.
Pasien: “ iya nggak papa…” jawab pasien sambil tersenyum.
Perawat:” pak, ………….. bapak ngerokok nggak???”
Pasien: “ enggak, maksudnya sekarang udah enggak mas, semenjak saikit. Tapi dulu ya ngerokok….hahahahaha”.
Perawat:” lha??? Kenapa sekarang berhenti pak?”
Pasien:” lha? Mas ini gimana? Wong sekarang saja saya napas susah bener”.
Perawat: “ow….iya juga ya pak……, ayok pak kalo gitu kita maen itung-itungan yuk pak.” Ajak Perawat iseng.
Pasien:” itung-itungan apa to mas???? Sampean ini kok ada-ada saja”.
Perawat: “ sebentar pak, sekarang usia bapak berapa??? ”
Pasien :”63 tahun”.
Perawat:” udah berapa lama bapak berhenti ngerokok?”
Pasien:”udah satu tahun”
Perawat:”bapak ngerokok dari usia berapa?”
Pasien:” usia 17 tahun, bapak agak-agak lupa”
Perawat:” berati bisa dibilang bapak habiskan waktu 45 tahun buat ngerokok” (ujar perawat sambil otak-atik kalkulator di HP-nya).
Pasien:” ya kurang lebih seperti itu mas.”
Perawat:” lalu sehari bapak kira-kira habis berapa batang?”
Pasien:” satu mas….”
Perawat :” satu batang???? Masak Cuma satu batang pak?” ucap perawat tidak percaya.
Pasien:” satu bungkus mas”
Perawat:” …….” GubraKKKKKk!!!!!!!.”wah????? banyak juga ya pak. Bapak tau enggak kalo satu batang rokok itu panjangnya berapa???”
Pasien:” ya… kira-kira 10Cm kali ya mz.”
Perawat:” ayo pak kita mulai itung-itungannya. Semangat ini pak saya.”
Pasien:” apanya yang diitung???”

Perawat :” bayangkan saja ya pak. Kalo dalam sehari bapak habis 1 bungkus, per bungus isinya 12 batang, sebatang panjangnya 10Cm, berarti dalam sehari saja bapak udah habis berapa METER Rokok ya?”

1HR=1BUNGKUS=12BTNG.293089_468949283139903_924749724_n
1BTNG=10cm, Maka:
1HR=12 x 10=120cm >>>>> dalam sehari.
Bila dalam SETAHUN ada 365 hari Maka:
1TH= 120cm x 365 =43.800 cm =438M.

Perawat:” pak?????? Udah ada pengaruhnya belum dalam kesehatan dalam kurun waktu 1th????”
Pasien:”Belum sih mas…, pengaruhnya baru muncul skitar 10Th berikutnya”

Perawat:” wah??????? Berapa panjang ya pak rokok yang sudah bapak hisap?”
1TH= 438M
Kalo 45TH maka:
45 x 438 = 19.710 Meter. Atau sekitar 19,71 Kilometer.

Perawat:” wah…… bapak hebat bener, bisa menghisap rokok sepanjang 19,71 Kilometer. Tuh rokok kalo di bentang bisa sepanjang rumah sakit ini menuju ke arah kopeng pak”

Pasien: “ hahaha…. mas ini kok bisa aja.” Ujar bapak sambil ketawa.
**********************************************************************
INI ADALAH FAKTANYA:
10 th pertama: hanya mengeluh sesak nafas yang tidak sering (mungkin malah belum ada keluhan).

10 th ke dua : sudah mulai sesak nafas disertai batuj-batuk.

10 th ke tiga: sesak nafas semakin memberat, batuk-batuk tak jarang terjadi perdarahan atau batuk darah.

10 th ke empat: sesak nafas yang sudah mulai memberat disertai efusi pleura, yang cairanya harus di sedot perminggunya bahkan sehari sekali.

10 th berikutnya : ditemukan adanya masa paru (tumor paru).

10 th berikutnya lagi???? (coba aja sendiri)

Plis Guys………………
“MATIKAN ROKOK anda sebelum ROKOK MEMATIKAN anda”.
>>>Semoga Bermanfaat<<<
Drpl.doc

Jangan Lupa Tinggalkan Balasan Anda Ya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s