Waspada : HIPOGLIKEMIA

Standar

406001_497219336996105_726045262_n - Copy“ Wah….? kenapa dengan pasien saya?” tanya perawat dalam hati.
“ tidur kah???, Pingsan??? Ataukah HIPOGLIKEMI???”

Kadang, tak jarang dalam praktek di lapangan kita menemui kondisi – kondisi pasien yang secara tiba-tiba menurun dengan sebab yang tak pasti dan cepat sekali.
Sebenarnya bukan tanpa sebab penurunan keadaan umum yang secara tiba-tiba terjadi. Bila setelah dicari indikasi-indikasi yang mengarah pada keadaan yang semakin menurun pada pasien. Boleh saja kita mengeluarkan pertanyaan “ Apa jangan-jangan pasien ini Hipoglikemia ya????”
Jangan lupa kita telusur riwayatnya,
“ Bagaimana bila tidak ada riwayat penyakit Gula atau diabet????”
Pertanyaan ini pasti akan muncur, jelas kita bisa jawab dengan kata Karena……..
Karena : Untuk Hipoglikemi tidak harus dialami pada pasien dengan kasus diabet saja, mungkin pada saat itu asupan makanan atau zat Gula dalam darah memang menurun karena kurangnya makanan, mungkin pada kasus kelaparan (He.e.e.e.e……), apa kasus tidak doyan makan( parah ini…..heeeee….). Jadinya HIPOGLIKEMI deh,……
Yang lainnya, jelas pasien punya riwayat penyakit diabetes, “ kenapa keadaan umum pasien menurun?????” kita bisa lihat kebiasaan kadar gula dalam darah pasien. Pasien dengan kadar gula darah yang cenderung tinggi, justru dia akan merasa tidak nyaman bila kadar gula dalam darahnya menurun , walaupun dalam batasan “normal”. Jadinya HIPOGLIKEMI deh,….
Apa lagi ya???? Oow iya, ada pengalaman lagi dalam pemberian Insulin ( itu…tu penyuntikan hormon buat penyetabil Gula darah) penyuntikan ini biasanya diberikan untuk pasien dengan kadar gula darah tinggi agar kembali setabil. Nah loooo. Trus apa masalahnya???? Jelas bakal timbul masalah bila pemberian kita berlebihan tidak sesuai skala pemberian atau dosis kebutuhan, bener enggak????.
Belum lagi saat kita tidak peka mengobservasi  asupan makanan pasien. Misal, dalam batas gula darah tertentu dosis yang kita berikan sudah tepat tapi justru membuat pasien hipoglikemi karena asupan makanan pasien menurun, ( pasien enggak doyan makan kok di suntik insulin????), jadi HIPOGLIKEMI deh……
Selain itu penurunan gula darah yang tiba-tiba dan secara drastis juga menyebabkan hipoglikemia. Yang katanya keadaan hipoglikemia jauh lebih berbahaya daripada hiperglikemia.
Hem, … dari tadi kok bahas Hipoglikemi, apa sih sebenarnya Hipoglikemi yang lebih dikenal dengan sebutan “Hipo” ini???

Hipoglikemi adalah keadaan dimana kandungan glukosa darah yg menurun secara abnormal, yaitu di bawah atau sama dengan 60mg/dl.(sumber:source: kbbi3).

Lalu, bagaimana kita mengetahui pasien mengalami hipoglikemia?
•    Awalnya pasien mengeluh mengantuk, hem……. kita jangan asal tebak hipo ya, kali aja emang pasien sedang ngantuk beneran, he……..
•    Observasi riwayat penyakit gula, kalau tidak. lihat hasil cek dula darah terakhir. Akan mudah bila pasien seblumnya sudah diketahui riwayatnya dan hasil pengecekan gula darah terakhir.
•    Masalahnya, bagaimana kalau sebelumnya belum pernahdi cek? Jelas kita kaji pola makan pasien. Kali aja dia kelaparan, enggak doyan makan??? Atau tak mau makan??? He….. sama aja kali….
•     Kaji tanda-tanda lain yang mungkinmuncul, pasien makin lemes??? Gemetar? , jantung berdebar. Muncul keringat dingin? Bisa saja pasien mual muntah lho, pusing?, kesemutan. Pucat,
•    Owww iya, gula adalah bahan baku pembentuk energi tubuh yang digunakan untuk mentuplai otak juga. Jadi hipoglikemi bisa ditandai dengan munculnya kekelisahan bahkan sampai penurunan kesadaran, pasien bisa sampai tidak sadar beneran alias pingsan. Dan dila kelamaan bisa menyebabkan iskemia otak ( otak kurang suplai nutrisi/ energi). Wah,….. dnegn berat hati keadaan ini dapat mengakibatkan kematian.
•    Jangan lupa observasi tanda-tanda Vital ya, kususnya pada perabaan  nadi, bisa saja nadi lemah, bradikardi, bahkan tidak teraba. Dan tekanan darah senderung menurun. Bila pasien sesak. Bantu pemberian oksigen sesuai kebutuhan.

Nah kalo udah begini, jangan panik ya,
•    Bila ada di rumah sakit, lakukan observasi tanda-tanda vital secepatnya, jangan lama-lama. Tapi cepat, tepat dan cermat.
•    Bila memungkinkan cepat lakukan pemeriksaan gula darah saat itu juga dengan program Cito.
•    Jangan lupa lapor pada dokter jaga atau yang bertanggungjawab saat itu.
•    Berikan bantuan emergency untuk memacu bantuan hidup dasar ( penting nie guys…..)

Selain itu apa yang harus kita lakukan????

•    Berikan glukosa (gula) melalui mulut dalam jumlah yang banyak. Bisa dengan cara member air gula, teh manis, permen, atau makanan lain yang kita yakini mengandung gula (jenang gulo misalnya?? Hehe, bercanda ding,,,). Bisa juga dengan memberikan roti, tapi jangan roti bakar ya…( kelamaan kale nunggu bakarnya juga, he,,…….)  itu karena kadar glukosa dalam roti cukup tinggi.
•    Kalau korbannya tidak sadar? Hal yang penting untuk diingat adalah JANGAN MEMBERIKAN APAPUN LEWAT MULUT!!! Salah-salah bisa menyebabkan tertutupnya jalan nafas korban, akhirnya menyebabkan tiiiiiiiittttt(kalau di film2 biasanya ditunjukkan dengan garis lurus di alat pendeteksi detak jantung pasien, hehe). Jadi gimana ? Ini sih buat asal tau aja, karena yang bisa melakukan prosedur ini cuma tenaga medis (panggil tenaga medis atau ambulance segera!!!). Glukosa bisa diberikan lewat selang infuse berupa dextrose 50% 25-50 g ( jelas kalau sudah terpasang infus).
•    Inti dari penanganan hipoglikemia adalah penanganan cepat dan tepat. Karena pada dasarnya P3K untuk hipoglikemi relatif mudah (kecuali kalau pasiennya ga sadar, harus didahului dengan prosedur Basic Life Support<kalau denyut nadi dan nafas terhenti>).

Yah, begitulah kira-kira, yang pernah saya alami. Ini semua bukan asal langsung tau tanpa kita mau belajar sedikit saja peka dengan lingkungan,. Menerima semua saran dan pembelajaran dari sahabat, pengalaman lapangan, senior dan semuanya yang memberikan kita ilmu. Dulu saat panik saya pun suka mondar-mandir sendiri kayak menyetrika jalanan. Bisa-bisa saya hipoglikemi sendirian karena kelelahan. Semoga bermanfaat.dok.drp.

Nb:  Bila  ada kekurangan atau ada kata yang tidak tepat moohon info dan berbaikannya ya……
Matur thengkyu.224971_497220590329313_1348592894_n - Copy

Jangan Lupa Tinggalkan Balasan Anda Ya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s