Kutipan
Arti Sebuah Nama : Mengupas Makna Nama Sendiri

Hey,. . . Saya Dyan Riskiana Purnamalita.
Inilah kata-kata yang biasa Saya ucapkan     when i’m introduce my self.

Sedikit cerita tentang sejarah nama Saya. Awalnya Saya penasaran aja sama nama saya yang sepanjang kreta argo lawu ini. Kenapa enggak? Soalnya saya sering Be~Te juga dalam beberapa hal bila berhubungan dengan “nama” yang terlalu panjang.

Misalnya saat mengikuti ujian (apapun itu) aku harus menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengisi identitas di LJK. Trus saya juga sebel dengan inisial huruf depan saya “D”. Huruf “D” masih termasuk urutan huruf-huruf abjad yg depan-depan, So. . .kalau ada apa-apa yang berhubungan dengan urut absen saya selalu jatah keloter depan, ada ujian duduk bangku urut depan sejajar ama absen 1. Belum lagi gara-gara nama saya yang super panjang dan ribet kali ya buat di ingat banyak dokumen- dokumen penting yang salah ketik, dari buku tabungan, KTP,Transkrip Nilai,STR,Ijazah,Sertifikat, KHS dan lainya pada salah ketik. Selalu saja saya harus buang-buang waktu dan kerja keras untuk benerin ulang. Hem. . .dari tadi kok belem ketemu juga ya rasa syukur saya ama nama sendiri. . .
Eh, ada lagi. . . Kebanyakan nama saya sering sekali ditulis tidak lengkap. Mungkin gara-gara kepanjangan kali. Kadang hanya di tulis ” Dyan Riski”
nah lho? ? ? Pada gak pusing apa kalo ada yang panggil saya “Lita”? Dari mana asal nya coba?. Hahaha. . .mereka enggak tau apa masih ada tambahan lagi “Purnamalita”. Nah. . Ketemu juga tu kata. So far. . , terserah deh mau panggil apa aja asal masih nama saya aja. Dyan boleh, Riski juga boleh, Ana monggo, Pur. . Em, juga boleh, tapi jangan dong soalnya ini nama emak sama bapak saya, tar kalo salah noleh gimana? Lita nah ini malah boleh.

Nah! Itu semua yang bikin makin penasaran.
Kata emak, saya dulu lahir tanggal 10 April tahun 19XX( *bacanya tahun sembilan belas sekian sekian ya, he. . .) pas tepat tanggal 15 Rhamadhan tanggal Qomariah.
Emak saya udah terobsesi dengan nama “Dyan”. Entah anak yang lahir cewek apa cowok, kata itu mutlak dan wajib nempel paten di nama si jabangbeby yang akan lahir. Konon sampai segitunya, semua perlengkakan bayi sudah di rajut dengan inisial “Dy”, yang brasal dari kata Dyan. (ngelantur dikit, sampek sekarang, setiap barang milik saya yang banyak kembaranya dimiliki orang pasti ada inisial Dy).

Hore! Akhirnya lahir juga tuh bayi. Jadi bingung deh cari nama panjang. Trus emak nambahin lagi dengan kata “Riski” biar rejekinya lancar (katanya. . ), di tambah lagi Ana ( ono=ada) yg di sambung dengan kata Riski, biar rejekinya ada terus (amin!). Ditambah lagi Purnama, katanya sih gara-gara lahir pas tanggal 15 Ramadhan pas bulanya bulet . .let. .let. Nah, ganti giliran bapak yang gak mau kalah nyumbangin nama, beliau nyumbang satu suku kata “La”. La atau Lo dalam bahasa jawa adalah huruf aksara jawa urutan ke sepuluh (karena saya lahir tanggal 10). So. . .muncullah kata lita sebagai akhir penutup nama saya yang artinya pelita atau penerang.
Wah! Saya mulai senyum-senyum ini, ternyata mulai ngarti baiknya juga tentang nama saya.He. . .he.

Tapi penasaran saya tidak cukup sampai disini. Masak nama sepanjang itu punya arti sesederhana itu? ( masih penasaran ceritanya).

Dan. . .akhirnya saya mulai deh calling calling mbah Google buat bantuin cari-cari dan ngubek-ngubek kotak link nya buat cari tau arti nama saya. Saya cucup mendengarkan dan melongo saat mbah Google menjabarkan arti nama saya adalah:

DYAN,
Menurt kamus besar Bhs. Indo, dyan berasal dari kata dian yang artinya penerang.
Dari kata Diana (inggris) yang artinya menerangi sesuatu, lampu dengan bahan bakar minyak,pelita dan menyuluh.
Dyan juga berasal dari kata Diane(bhs. Latin) adalah nama yang pantas untuk wanita yang artinya pelita, lampu, lentera, penerang, cahaya, senthir, lilin dan uplik . Nah kata uplik ini yang paling populer di kalangan teman SMA saya dulu dan sebagian rekan kerja saya sekarang ada yang panggil saya “uplik”.
Dyan juga berasal dari kata Dyanna (Perancis) yang artinya keinginan kuat atau perempuan dengan keinginan kuat.

RISKI,
Menurt kamus besar Bhs.Ind, riski diambil dari bahasa arab yaitu Rezeki yang bermakna segala sesuatu dipakai untuk memelihara kehidupan yang diberikan oleh Tuhan, keuntungan dan kesempatan.

ANA,
Dalam bahasa Arab, Ana berarti Saya. Ana adalah salah satu contoh nama perempuan islami. Ana punya arti Prestige = self respect atau menghargai diri sendiri. Ana juga berarti ada dalam bahasa jawa dan ramah serta bahagia dalam bahasa Latin.
Kesan gadis bernama Ana adalah seorang wanita cantik (cie. . .), supel, mudah bergaul, suka tertawa, dan memiliki senyuman yang dapat mencerahkan hati orang lain(ihir. . ), memiliki harapan besar dan selalu mengharap hal yang tak terduga.

PURNAMA
Pur sebenarnya nama kompak ortu aja. Purnama adalah saat bulan bundar benar pada tanggal 14 dan 15 bulan khamariah. Atau saat bulan dalam keadan paling sempurna terangnya. Subhanallah. . .

LITA,
Ternyata ada artinya juga. Lita berasal dari kata Alitash( Afrika), Alita(Spanyol)
Elita(Perancis,inggris), Melita (Roma) yang artinya bahagia, berharga, terpilih, bersayap, sayang dan manis seperti madu. . .
Hehehe,*makin merah ni pipi saya#.

Waduh. .waduh. . , cukup puas saya mendengar jlentrehan mbah Google. Dan mulai sekarang saya sepakat dengan uangkapan “Nama adalah sebuah Doa”.
Semoga bermanfaat. . .
DrpL.
Referensi:
Kamus besar BI, www.nama.id ,www.namafb.com.

Arti Sebuah Nama : Mengupas Makna Nama Sendiri

15 responses »

  1. ” dyan seumpama kita pernah bertemu diwaktu duduk dikelas sd timbang hi desa timbang kebih sewindu kita tak bertemu hai orang ciloak kenapa lama sekali kau ungkapkan jati dirimu ??

  2. My partner and i attempted checking out your web site along with my very own apple, ipod touch as well as the format will not seem to be right. Might choose to look it over upon WAP in addition to it appears most cell phone templates aren’t going to be truly handling your site.

  3. Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you make blogging look easy. The overall look of your website is magnificent, let alone the content!. Thanks For Your article about Arti Sebuah Nama : Mengupas Makna Nama Sendiri | Language Tio_Hugest,cm .

  4. Backcountry camping on the beaches of Santa Rosa Island can be obtained on selected dates in August and DecemberThey received a tip that petty officer matthews was at his wife’s addressCOAST DRESSES The Short Strapless Charmeuse Dress is a combination of the avantgarde and the poisedPuerto Vallarta is dearer than other places where you might consider living or retiring overseasPortsmouth is a city on the sea set with a beautiful mix of history and heritage

  5. tees, Plastic mugs today, Less difficult, Jackets and other wearing apparel are available preprinted with shooting sport designs or for individual personalization. There are preprinted gifts which feature gun photos and gun related text. Personalize pens, T tops, To select from, Fender stickers, Bags and other general gift merchandise are prepared to order with gun related themes in their designs,If you have any concerns about your own health or the healthiness of your child, You should always consult with a physician or other doctor. Please review the online privacy and Terms of Use before using this site. Your utilisation of the site indicates your agreement to be bound by the Terms of Use,designer bags onlineRemember fondly the logic: 1 mug flour, Sifted isn’t 1 cup sifted flour. For hmo’s, Measure 1 cup of flour easily, Then sift it onto a sheet of wax or parchment paper on your work surface or towards a work bowl. For aforementioned, Sift flour onto wax or parchment document, Then pour it into the measuring cup til you have the desired leveled amount,online bags shoppingYou can also have your canvas bag printed with some other patterns when you purchase them. Canvas bags also make great gifts for who find themselves into art. There are different suppliers and manufacturers of these canvas bags and there are many brands that are offered,

  6. The best content and constructing evolves naturally. When you start to compose an article or blog post, Forget about seo and just write. When your article is written, You can actually revise it with SEO in mind. Years before my company had a phosgene accident when a chlorinated solvent leaked into our heattreatment operation. I took two ladies to the hospital in my car and I wasn’t sure one of them was will make it. She remained put in the hospital for weeks.America is the leader in quality bean manufacturingSome special web pages ate focused only towards the brand Chanel, And then sell products from the Chanel organization simply. Upon such an websites, One will discover fantastic gives on the hand bags, Starting from discounts each and every ‘one handbag free using another’ gives. It usually is good to keep an inspection on websites like these frequently, While you can’t predict if your offer may alter and stay useful for an individual.A relatively recent form of CoQ10 is NanoLipobelle HEQ10The first thing that can be done is to mount the dehumidifier in your safe. You can mount this remedy on the back wall of the safe on its bottom part. You will find that dehumidifier will make the temperature inside your safe warm so that the moisture will never formed in the safe.dvd Fashion58 offers a great choice of designer handbags among other fashion items. It is an online designer boutique that sells designer name fashion items at greatly economical prices. They can do this due to their “InternetOnly” Approach which makes it possible for cut the overhead cost and offer customers brand new designer products at the lowest prices you will ever see.Pockets. If you’d like to use your existing luggage or bags, You can just opt for carrying sleeves or pouches. Manufacturers like Case Logic sell neoprene and memoryfoam sleeves that protect your laptop from drops and scratches. Experts recommend keeping your brining turkey in a wine cellar cooler during the entire process. A turkey is generally put into the brine at least a day ahead of cooking. Squeeze bird into the brine, Cover and refrigerate for 6 to 24 various numerous, Turning the turkey halfway using the brining time.

Jangan Lupa Tinggalkan Balasan Anda Ya...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s